WRITE4KIDS: Buku Anak, Dulu dan Sekarang

Jika kita ingin menulis buku untuk anak-anak, kita perlu membaca buku anak-anak, terutama buku-buku klasik. Mengapa? Ingat buku-buku kesukaan di masa kecil, yang mungkin masih Anda bacakan kepada anak-anak sendiri? Selama beberapa generasi, buku-buku klasik itu bertahan. Sering kita menganggap plot-nya lah yang tak lekang oleh waktu, alih-alih tema atau karakternya. Padahal, unsur-unsur itulah yang memulai perubahan dalam literatur anak-anak yang kita lihat sekarang.

Salah satu perbedaan antara buku anak modern dan buku generasi lalu adalah bahwa perspektif anak kini ditekankan. Dua buku 
yang memulai perubahan ini adalah The Cat in the Hat oleh Dr. Seuss (Random House, 1957) dan Where the Wild Things Are oleh Maurice Sendak (Harper & Row, 1963). 

Kedua buku menceritakan kesenangan yang dialami anak ketika orangtua tidak ada. Bukan sekadar kesenangan diam-diam, melainkan kesenangan destruktif, liar, dan berantakan. Dalam kedua buku itu, anak tidak dihukum untuk tindakannya; bahkan orangtua mereka tak pernah tahu. 

Gagasan ini sangat subversif di masa itu, akibatnya buku-buku itu dilarang beredar di beberapa wilayah AS ketika pertama kali diterbitkan. Namun tema pemberdayaan anak dan pengakuan akan hak-haknya atas dunia pribadi dan mandiri membuat kedua buku itu menjadi hit.

Lambat laun, penerbit menyadari bahwa buku anak-anak bisa saja tentang kesenangan (having fun) tanpa pelajaran moral apa pun di dalamnya. “Fun” yang dimaksud tentunya didefinisikan dari sudut pandang anak. 

Jika kita dapat melihat dunia sebagaimana anak melihatnya, menyadari kecerdasan anak, dan menghilangkan sudut pandang orang dewasa, buku kita mungkin bisa menjadi bestseller pula. (wishful thinking, tho?)

Ini bukan berarti buku anak-anak tidak boleh mengandung pelajaran. Tapi karena kita bersaing dengan televisi, komputer, dan video games, buku-buku (bahkan nonfiksi) harus menghibur dulu baru mengajari. Setiap pelajaran harus samar. Buat karakter kita berubah atau mempelajari sesuatu tentang dirinya sepanjang cerita, dan pembaca pun akan belajar. 
Tetapi jika ada sedikit saja tanda-tanda menggurui, apalagi berceramah, anak akan menutup buku kita tanpa basa-basi. 

Buku anak-anak untuk segala usia kini lebih realistis ketimbang di masa lalu. Tak ada lagi penggambaran terlalu indah nan semu tentang dunia, atau tuntutan untuk melindungi anak-anak dari sisi gelap kehidupan. Buku-buku tentang kematian, penyakit, perceraian, tekanan teman sebaya, dan penyalahgunaan obat-obatan/alkohol dapat ditemukan di rak-rak buku perpustakaan sekolah. Teorinya adalah bahwa anak-anak toh terpapar juga pada hal-hal itu melalui televisi dan kehidupan mereka sendiri, dan akhirnya bukulah yang menjadi jalan untuk membantu mereka menghadapi dan memahami dunia di sekeliling mereka.

Apa yang dicari penerbit adalah buku-buku yang jujur, tetapi juga menawarkan harapan dan jalan mengatasi masalah-masalah ini. Membaca buku-buku baru memberi kita gambaran tentang apa yang dicari penerbit sekarang. Membaca buku-buku klasik memberi kita pelajaran bagaimana menulis kisah yang tak akan lekang oleh waktu. 

Biasanya ditemukan elemen yang sama dalam buku klasik dan modern. The Tale of Peter Rabbit oleh Beatrix Potter, contohnya, bertahan selama nyaris seabad bukan karena ia bercerita tentang kelinci lucu yang bisa berbicara, tetapi karena si kelinci ini melanggar aturan ibunya dan mengalami petualangan seru di wilayah terlarang kebun petani. Mengejutkan, barangkali, tetapi buku seru menghibur adalah yang akan disukai anak-anak. Bukan “guru” atau “ibu” kedua dalam bentuk buku.

Semoga membuka wawasan 
________________________
Aku terjemahkan bebas dari sini

 


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Short Stories

Spin-Off

Writing for Kids



Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

..more..

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

..more..

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

..more..