Tune In: Dua Singa Mati di Depan

Dua deadline berturut-turut untuk akhir Maret dan mid-April. 
Jenis pekerjaan: dua-duanya menulis.
Satu tentang keseimbangan hormon wanita dan menopause, satu lagi tentang pelestarian orangutan. 


Minggu terakhir Februari ini untuk merenung, brainstorming, corat-coret, cari data. Duh, susahnya tune in. Gagasan bersimpang siur, bertubrukan. Lagi memikirkan satu contoh kasus wanita mengantisipasi menopause, tiba-tiba saja bertanya-tanya apakah orangutan juga menopause. Bener-bener nggak pro. Maksudku, mestinya satu-satu diselesaikan. Ada jeda cukup antar dua dealine untuk istirahat, setidaknya seminggu. Dua deadline yang begitu berdekatan menandakan somewhere along the line pernah terjadi kekacauan agenda. Satu pekerjaan mulur berakibat antrian menjadi rapat. 

Bicara soal antrian, kayaknya teman-teman penerjemah sudah mafhum. Sayangnya itu bukan masalah luar biasa. Penyakit umum para freelancer, kukira, terutama yang berstatus ibu-ibu rt. (merasa justifikasinya lebih banyak he he he.)

Selain itu, antrian tercipta juga karena aku biasanya nggak mampu menolak permintaan (memang tepat disebut order) penerbit, terutama 4 penerbit utama. Dengan pertimbangan, satu penerbit telah melahirkanku, satu lagi telah membesarkan aku, dan dua lainnya telah mengembangkan aku.

Tak ada masalah dengan jenis order mereka, karena dianggap sesuai dengan minat dan kemampuanku. (Seringnya anggapan mereka itu nggak pas he he he. Tapi ya itu tadi, aku nggak tega menolak). Walaupun akibatnya mengerjakan buku yang tak kusukai ibarat membajak sawah dalam keadaan hamil. Beraaaaat dan banyak berhenti. Dikit-dikit pipis. Sesak napas. Perlu duduk dulu. Banyak makan. Pokoknya nggak selesai-selesai lah.

To cut the long story short, yang berat sudah berlalu. Sekarang ada dua singa mati* di depanku. Writing, not translating tedious book, nor editing odd translation. So, it's supposed to be fun. Hanya perlu tune in, satu-satu.

___________________________

*singa mati = dead lion ---> deadline (plesetan dari milis Bahtera)


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Interviews

Short Stories

Spin-Off

Writing Craft



Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

..more..

Proses Kreatif

Proses Kreatif "Write Me His Story"

..more..

Outline, Perlukah?

Outline, Perlukah?

..more..