Memberilah dan Kau Akan Mendapatkan

Keluarkan tenaga dengan berolahraga dan kau akan mendapatkan kembali tenaga berlipat ganda plus kesegaran dan kebugaran yang akan menjadi modal kerja. Believe me, I learnt it hard way...he he he, ngomongnya kayak Jonathan Rhys Meyer waktu nasehatin August Rush gitu. Duluuu, aku paling males olahraga. Alesannya, gimana mau olahraga buang tenaga dan waktu, wong tenaga dan waktu sisa aja sudah nggak cukup buat nyelesein kerjaan yang ditergetkan. Sekarang...sudah kubuktikan, memberikan tenaga dan waktu setiap pagi barang setengah jam untuk treadmill, jalan, atau senam, hilang tuh rasa lesu dan kaku yang mengganggu produktivitas. Dan nggak perlu kan aku bilang bahwa olahraga itu sehat...semua sudah pada tahu kok. Kalau sehat berarti nggak ada waktu terbuang untuk tergeletak tak berdaya di tempat tidur ...

Berikanlah waktu untuk lingkunganmu, dan kau akan mendapatkan waktu "ekstra" untuk menyelesaikan urusanmu sendiri. Bersedekah tidak hanya dalam bentuk materi. Waktu juga bisa. Luangkan, sengajakan, untuk bersilaturahmi, memenuhi undangan, menjenguk yang sakit, mengajarkan sesuatu, membagi ilmu, menerima curhat, bahkan sekadar mengobrol dengan tetangga....apa saja yang semula kau anggap hanya wasting time. Pernah ada suatu masa, aku selalu menolak acara kumpul-kumpul di RT. Alasan klise, kerjaan banyak atau dikejar deadline. Bukan berarti aku sekarang menikmati kumpul-kumpul itu sih... banyak hal tetap harus disaring dan dipertimbangkan. Tapi memberikan waktu untuk kegiatan lingkungan yang positif, ternyata tidak mengurangi produktivitas, karena mau tidak mau kita berlatih mengelola pekerjaan untuk tetap bisa selesai dalam porsi waktu yang telah berkurang. Ujung-ujungnya, dengan keterampilan memampatkan itu, kita akan mendapatkan waktu ekstra untuk hal-hal lain pula. 

Berikanlah senyummu, kau akan mendapatkan senyum

Berikanlah doamu, kau akan mendapatkan doa

Berikanlah kebaikan, kau akan mendapatkan kebaikan

Berikanlah sedekah, kau akan mendapati materimu tidak berkurang, bahkan bertambah

Mungkin tidak instans

Mungkin bukan dari orang yang sama yang telah kauberi

Tapi ini sebuah siklus

Sebuah hukum alam

Kau memberi, kau akan mendapatkan

--------------------
image dari sini


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Short Stories

Spin-Off

Writing for Kids



Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

..more..

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

..more..

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

..more..