Inside 365: Excerpt #2

MANA YANG TERPENTING?


Mana yang terpenting: penglihatan, pendengaran, atau penciuman?

Pertanyaan itu mengganggu pikiran Raja Kalinggara. Dia memang tertarik hal-hal seperti itu. Kenapa benda-benda yang dilemparnya ke atas, selalu jatuh ke bawah? Kenapa orang yang sudah tua rambutnya putih? Kenapa perut berkeruyukan kalau lapar? Kenapa hidung beringus?

Eh, jangan tertawa dulu. Kamu mungkin tahu jawabannya. Tapi di zaman Raja Kalinggara, belum ada ilmu pengetahuan. Dan orang tak memikirkannya. Hanya Kalinggara yang tertarik. Kalau boleh sebetulnya dia tak mau menjadi raja. Menjadi pangeran selamanya juga tidak apa. Lebih bebas menyelidik. Tapi tiba-tiba Baginda berpulang. Kalinggara yang baru berusia 8 tahun pun diangkat menjadi raja.

Jadi, mana yang terpenting, mata, telinga, atau hidung? 
Jangan katakan padanya bahwa indra itu ada lima. Ditambah pengecap dan peraba. Tiga indra saja sudah membuat Kalinggara pusing.

Mungkin harus diuji, pikirnya. Seperti biasa, kalau Kalinggara melakukan percobaan, prajuritlah yang menjadi korban. Dilempar, dicubit, disuruh lari, atau tidak makan berhari-hari. Tentu saja, mereka tak bisa menolak titah raja. Untunglah raja baik hati. Setelah percobaan, mereka diberinya hadiah.

Tiga prajurit dipanggil. Eka, Dwi, dan Tri. Kalinggara menutup telinga dan hidung Eka, sehingga dia mengandalkan mata saja. Dwi ditutup mata dan telinganya, tinggal hidung yang berfungsi. Dan Tri ditutup mata dan hidungnya, telinga terbuka. Ketiganya dilepas di hutan rimba. Yang kembali paling cepat mewakili indra terpenting.

......

(Tema: Panca Indra)


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Interviews

Short Stories

Spin-Off

Writing Craft



Making Space for the Marginalized.

Making Space for the Marginalized.

..more..

Show and Tell : Culture and Tradition in Children's Books

Show and Tell : Culture and Tradition in Children's Books

..more..

FBF2016/Session 01/Special Event: Darkness in Children's Stories

FBF2016/Session 01/Special Event: Darkness in Children's Stories

..more..