Charachters -- Building a World

Dalam menulis naskah picture book, tantangan terbesar adalah dengan sedikit kata kamu harus bisa menciptakan karakter dan karakterisasinya yang unik dalam plot yang utuh. Visualisasi pun berperan dominan baik kamu mengilustrasi sendiri atau dibantu ilustrator. Kerja sama yang bagus menciptakan harmoni dalam karya.

Setiap tahun, dua bulan pertama, biasanya aku membuat 1-2 picture book. Lebih untuk menantang diri sendiri dan having fun bekerja sama dengan teman-teman ilustrator.

Bulan-bulan berikutnya fokus menulis novel. Kalau tahun lalu di Middle-Grade, tahun ini aku intens di remaja dan dewasa muda. Rasanya seperti membangun dunia tersendiri, dan mengisinya dengan karakter-karakter yang kucintai.

Cross-over pun terjadi begitu saja, meski tema dan genre berbeda-beda.

Seneng aja gitu memasukkan tokoh dari novel sebelumnya ke novel berikutnya.

Dulu, di MG, Ilya dan Denisa di Gua Seribu Mata muncul lagi di Lorong Seratus Hari sebagai tokoh sekunder.

Nata Kusuma dari Faintfully Yours diangkut ke seri Keo&Noaki dan TRICK dengan porsi peran yang besar karena aku mencintainya. Pembaca pun familiar dengannya. . .

Di Teen Fiction, Sebastien dari seri Keo&Noaki muncul sebagai cameo di Hexotic Cafe. (Kalau ini serius untuk Fan Service).

Sudah kuplot pula CeeJay dari TRICK dan Toby Chen dari Keo&Noaki akan muncul di Write Me His Story, ketemu Wynter, Hya, dan Wynn. Dengan peran cukup penting, tidak asal lewat. Yang berarti nanti akan berpengaruh pada seri mereka sendiri.

Di YA, aku mengangkut Juno dan Maya dari Pangeran Bumi Kesatria Bulan ke The Visual Art of Love. Hadiah buat pembaca yang kangen mereka. Oh ya, Geo juga nantinya muncul di cerita lain. 

Dan sekarang ada ide untuk novel baru. Karakter baru. Genre baru. Tapi karena settingnya sama dengan WMHS, pembaca akan ketemu lagi dengan Wynter dan Hya di sana.

Begitulah.

Aku bilang juga apa, benak penulis itu enggak pernah berhenti menganyam cerita dan menghidupkan terus karakter-karakter yang sudah kayak anak-anak sendiri.


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Interviews

Short Stories

Spin-Off

Writing Craft



Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

..more..

Proses Kreatif

Proses Kreatif "Write Me His Story"

..more..

Outline, Perlukah?

Outline, Perlukah?

..more..