Writing for Kids

Logika Cerita, Plot dan Jebakannya

Logika Cerita, Plot dan Jebakannya

Sat, 26 Dec 2015 - 17:53

Sering pembaca merasa tidak puas dengan fiksi yang dibacanya. Kok begitu sih? Masa begini? Dari mana tokoh ini tahu? Nggak masuk akal deh ada ini di situ. Kenapa tiba-tiba begini? Dst.

..more..

Memberdayakan Buku Anak

Memberdayakan Buku Anak

Sat, 26 Dec 2015 - 17:33

Menurut KBBI, melejitkan berarti menaikkan ke tempat yang lebih tinggi (seperti nama, kedudukan, dsb). Buku anak, saya batasi, mengacu pada buku komersial karya asli kreator dalam negeri yang ditujukan untuk anak, dan mencakup semua jenisnya: fiksi, nonfiksi, dan faksi; dari boardbook sampai novel. Melejitkan buku anak dalam tajuk lokakarya ini, berarti menaikkan buku anak lokal ke posisi lebih tinggi, lebih berderajat, ketimbang titik awalnya.

..more..

Here Come The Winners...

Here Come The Winners...

Mon, 20 Jul 2009 - 14:12

Salam teman-teman,
Inilah aspek yang dinilai dari cerpen anak 100 kata

 

  1. Orisinalitas: Apakah karya benar-benar unik, dengan tema yang segar atau sudut pandang baru terhadap tema umum.
  2. Kebahasaan dan kreativitas: Efektivitas kalimat, pilihan kata, koherensi dan keutuhan cerita.
  3. Plot: Tentu saja yang dicari adalah yang menarik, menghibur, cocok untuk anak SD, logis, dan mengandung pesan moral yang baik (tidak harus eksplisit)

..more..

Asyik dan Puas dengan Hanya 100 Kata

Asyik dan Puas dengan Hanya 100 Kata

Wed, 15 Jul 2009 - 05:51

Menulis cerpen sangat pendek terbukti mengasyikkan, bukan? 
Peserta Tantangan Menulis Cernak 100 Kata ternyata lebih banyak dari dugaanku. Kupikir tak akan lebih dari 15 orang, tapi entry terus bertambah hingga detik-detik terakhir, dan ditutup dengan 40 cerpen. Wow.

Aku menyebutnya Cerpen 100 Kata, karena lebih definitif. Nama lainnya: flash fiction, mencakup sudden fictionmicrofictionmicro-storypostcard fiction, dan short short story. Jumlah katalah yang membedakan istilah-istilah itu.

..more..

Daftar Sementara Cerpen-100 Kata-is (final list)

Daftar Sementara Cerpen-100 Kata-is (final list)

Fri, 03 Jul 2009 - 15:38

Biar juri-juri tidak repot mencarinya, nama penjawab tantangan yang sudah menampilkan cerpennya aku list di sini. Masih akan bertambah kan? Ayooo....

1. Syamsul Arifin
2. Tethy Ezokanzo
3. Fhyta
4. Lafatah
5. Novi Kurnia

..more..

TANTANGAN: Menulis Cerpen Anak 100 Kata

TANTANGAN: Menulis Cerpen Anak 100 Kata

Wed, 01 Jul 2009 - 13:26

Dalam rangka menggalakkan seni menulis cerpen pendek, 100 kata, lima buah paket buku akan kuberikan kepada lima orang pemenang yang:

Menyatakan akan mengikuti tantanganku dengan mereply posting ini. Peserta harus termasuk dalam lingkaran MP network-ku, tapi tidak terbatas pada direct contact-ku.

..more..

NEGERI BAWAH AIR

NEGERI BAWAH AIR

Mon, 20 Apr 2009 - 11:18

Pandanglah menembus kedalaman danau dan bayangkan makhluk-makhluk luar biasa di dasarnya. Permukaan air adalah langit-langit mereka. Ada jalan-jalan bersih di antara rumah-rumah indah bercerobong asap. Mereka berjalan tegak seperti kamu berjalan di darat. Bukan berenang seperti ikan. Kalau kamu bernapas menghirup udara, mereka bernapas menghirup air.

..more..

Cernakku di My Story : Sepele Tapi Bencana

Cernakku di My Story : Sepele Tapi Bencana

Thu, 13 Nov 2008 - 06:49

Edisi perdana My Story menampilkan cernakku "Sepele Tapi Bencana" sebagai cover story. Tidak kuduga, tapi jelas merupakan kehormatan bagiku. 

My Story merupakan kumpulan cerita anak yang ditulis penulis-penulis pilihan (cieee....aku cuma meneruskan pesan sponsor lho), yang di antaranya adalah penulis-penulis cilik berbakat. (hehehe, asyiknya karyaku disandingkan dengan karya anak-anak ini...)

..more..

[Write4Kids] Menulis Fiksi untuk Anak

[Write4Kids] Menulis Fiksi untuk Anak

Thu, 23 Oct 2008 - 02:45

Sebetulnya untuk anak, jenis tulisan apa pun bisa diberikan. Mereka menerima dan menyerap apa pun, belum pilih-pilih. Bahkan semakin bervariasi bacaan mereka semakin baik. Namun bagi penulis, kecenderungan menulis fiksi relatif muncul lebih alamiah ketimbang jenis tulisan lain, karena sudah menjadi bawaan banyak orang untuk senang bercerita.

..more..

WRITE4KIDS: Mitos Seputar Penulisan Buku Anak

WRITE4KIDS: Mitos Seputar Penulisan Buku Anak

Thu, 31 Jul 2008 - 11:03

Kukumpulkan dari yang terserak ditinggalkan pengalaman. Pengalaman teman-teman mungkin membuktikan sebaliknya, tak apa. Ini cuma soal apa yang kita percayai masing-masing. Aku hanya ingin membebaskan diri dari premis yang membatasi ruang gerak dalam menulis.
 

..more..

WRITE4KIDS: Buku Anak, Dulu dan Sekarang

WRITE4KIDS: Buku Anak, Dulu dan Sekarang

Thu, 31 Jul 2008 - 04:40

Jika kita ingin menulis buku untuk anak-anak, kita perlu membaca buku anak-anak, terutama buku-buku klasik. Mengapa? Ingat buku-buku kesukaan di masa kecil, yang mungkin masih Anda bacakan kepada anak-anak sendiri? Selama beberapa generasi, buku-buku klasik itu bertahan. Sering kita menganggap plot-nya lah yang tak lekang oleh waktu, alih-alih tema atau karakternya. Padahal, unsur-unsur itulah yang memulai perubahan dalam literatur anak-anak yang kita lihat sekarang.

..more..

17 Mei, Hari Buku Nasional

17 Mei, Hari Buku Nasional

Fri, 16 May 2008 - 13:03

Yah, satu hal kecil yang bisa kulakukan sekarang juga adalah mempersembahkan cerita ini untuk teman-teman, para bapak, ibu, eyang, tante dan om. Tapi karena ini cerita anak-anak, paling pas ya kalau dibacakan kepada anak-anak terkasih. Untuk memperkenalkan mereka dengan Hari Buku Nasional dan mengajak mereka mencintai buku. Semoga bermanfaat.

..more..

Memusnahkan Monster Polusi

Memusnahkan Monster Polusi

Fri, 28 Mar 2008 - 15:26

Hari ini, tanpa disangka-sangka, datang beberapa paket buku secara bersamaan.Yang pertama dari Tiga Serangkai. Isinya buku terakhir Seri ABC-ku. Lengkap sudah empat buku. Bagus juga terbitnya sebelum Hari Bumi, 22 April.

..more..

365 dalam Review Sinarbulan

365 dalam Review Sinarbulan

Sun, 23 Mar 2008 - 08:24

Buku karya Ary Nilandari ini mengemas 365 tulisan berdasarkan urutan hari dan dikelompokkan menurut tema. Misalnya dalam bulan Februari terdapat topik Menghargai Pembantu, Sahabat, Guru dan Sekolah, dan Keberanian. Isinya beragam sehingga dapat menepis kejemuan pembaca.

..more..

Inside 365: Excerpt #2

Inside 365: Excerpt #2

Mon, 17 Mar 2008 - 16:55

Mana yang terpenting: penglihatan, pendengaran, atau penciuman?

Pertanyaan itu mengganggu pikiran Raja Kalinggara. Dia memang tertarik hal-hal seperti itu. Kenapa benda-benda yang dilemparnya ke atas, selalu jatuh ke bawah? Kenapa orang yang sudah tua rambutnya putih? Kenapa perut berkeruyukan kalau lapar? Kenapa hidung beringus?

..more..

Inside 365: Excerpt #1

Inside 365: Excerpt #1

Mon, 17 Mar 2008 - 16:38

“Perhatikan peta. Ikuti jalur aman. Teruslah berkomunikasi.”

Ah, selalu begitu pesan Ibu. Aku juga tidak diizinkannya pergi jauh. Padahal sudah kumiliki pesawat khusus pelindung dan pengasuh anak. Dia cerdas dan setia. Halilintar namanya. 

..more..

Inside 365: Excerpt #3

Inside 365: Excerpt #3

Mon, 17 Mar 2008 - 10:47

Aku dan Ayah menemukan sebuah dompet cantik di trotoar.

“Mari kita cari pemiliknya,” kata Ayah. Sayangnya, di dalam dompet tak ada kartu identitas apa-apa. Hanya uang dan secarik kertas berisi coretan,...

..more..

Behind 365: The Ups and Downs

Behind 365: The Ups and Downs

Mon, 17 Mar 2008 - 08:43

Ada masa ketika anak-anakku menyukai buku yang itu-itu saja. Minta dibacakan tak berhingga kali sampai aku dan dia hapal kata per kata, sampai buku bertelinga doggy terlipat kucel, sampai sering aku berpikir untuk menyembunyikan saja buku itu kalau tak ingat si kecil bakal sangat kehilangan.

..more..

Perjodohan Penulis dan Ilustrator

Perjodohan Penulis dan Ilustrator

Tue, 04 Mar 2008 - 04:09

Khusus untuk buku anak-anak yang didominasi ilustrasi, aku selalu berpesan kepada penerbit untuk dijodohkan dengan ilustrator yang bisa bercerita melalui gambarnya. Alhamdulillah selama ini, aku telah bertemu dengan para ilustrator yang dengan indah memperkaya bukuku. Artinya, mereka tidak sekadar membeo kata-kataku dengan gambar, tapi ikut bercerita melalui gambar.

..more..

Seri Aku Bisa Cerita: Asyik Lho!

Seri Aku Bisa Cerita: Asyik Lho!

Mon, 28 Jan 2008 - 22:36

ABC bukan buku cerita biasa. Alih-alih cerita lengkap, yang disediakan adalah beberapa kalimat pembuka, setting menarik, dan stiker-stiker tokoh. Ya, seri ini mengajak anak-anak bercerita sendiri, mengarang dengan kreatif bagaimana tokoh-tokoh menyelesaikan masalah.

..more..

Segera Terbit: 365 Cerita Mencerdaskan untuk Ananda

Segera Terbit: 365 Cerita Mencerdaskan untuk Ananda

Fri, 11 Jan 2008 - 03:25

Alhamdulillah, setelah melalui proses penulisan selama dua bulan, dan proses penerbitan yang tengah berlangsung, akhirnya aku "dibolehkan" mempromosikan buku baruku. Dibolehkan dalam artian, gimana mau promosi kalau aku sendiri nggak yakin bisa selesai menulisnya tepat waktu? Paling sedikit 7-10 judul perhari soalnya.

..more..

Maaf Bunda, Aku Tidak Ingat

Maaf Bunda, Aku Tidak Ingat

Mon, 24 Sep 2007 - 10:40

Setiap aku pulang sekolah, Bunda bertanya:
Belajar apa tadi di sekolah?
Bisa tidak mengerjakan ulangannya?
Ada PR tidak untuk besok?

..more..


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Short Stories

Spin-Off

Writing for Kids



Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

..more..

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

..more..

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

..more..