Writing Craft

Tips Memilih Judul yang Tepat

Tips Memilih Judul yang Tepat

Wed, 06 Dec 2017 - 13:45

Siapa bilang judul itu perkara mudah? Judul adalah unsur pertama untuk menarik minat pembaca. Terkadang susah menemukan yang klik. Perlu uji coba, perlu pengkajian ulang, perlu dilafalkan, perlu disearch and research. Beberapa kiat di bawah ini setidaknya bisa membantu, walaupun tidak selalu, karena “pas” itu juga relatif.

..more..

Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

Wed, 18 Oct 2017 - 04:30

Aku pernah membawa laptop ke taman, sambil menemani anak-anak bermain, kukira aku bisa duduk di rumput atau bangku taman dan menulis. Tapi mataku susah lepas dari gerakan anak-anak, pikiranku waswas kalau-kalau mereka jatuh atau apa… Tak jadilah aku menulis.

..more..

Proses Kreatif

Proses Kreatif "Write Me His Story"

Fri, 06 Oct 2017 - 02:23

Ide Write Me His Story muncul sekitar awal Januari, selagi aku menulis Hexotic Cafe. Menyela, mendesak, dan mengganggu flow HC. Kalau tidak segera dituangkan, rasanya aku bisa meledak sendiri, dan HC bisa macet total.

..more..

Outline, Perlukah?

Outline, Perlukah?

Wed, 04 Oct 2017 - 04:49

Pertanyaan klasik di awal menulis. Haruskah dengan outline? Bagaimana kalau tidak? Apa pengaruhnya pada tulisan? Kalau pakai, bagaimana membuat outline? Outline seperti apa yang efektif?

..more..

POV (Point of View)

POV (Point of View)

Mon, 25 Sep 2017 - 09:24

Sudut pandang, Viewpoint, atau Point of View (POV), secara sederhana, adalah bagaimana penulis menempatkan dirinya dalam cerita, dan bagaimana ia menyampaikan cerita kepada pembaca. POV ditentukan saat mulai menulis. Digunakan konsisten dari awal hingga akhir cerita. Jadi tidak berubah-ubah sesukanya antaradegan. Ada beberapa 7 pilihan POV:

 

 

..more..

Penulis Juga Punya Voice

Penulis Juga Punya Voice

Sun, 24 Sep 2017 - 04:06

Suka mendengarkan Il Divo? Aku suka banget. Semua albumnya, aku koleksi. Semua lagunya, aku suka. Mereka berempat dan aku hapal suara masing-masing karena keunikannya. Urs Buhler berbeda dengan Sebastien Izambard, David Miller, dan Carlos Marin. Apa kaitan Il Divo dengan topik writing craft kali ini? Selain bahwa suara mereka menemani aku menulis… hehehe.

Begini. Penyanyi dikenali terutama dengan kekhasan suaranya. Iya kan? Anda akan tahu itu suara Celine Dion, Ruth Sahanaya, Anggun C.Sasmi, Raisa, atau Afghan ketika lagu mereka diperdengarkan. Baik di mall, restoran, angkot, bahkan di penjual CD bajakan di pinggir jalan yang memutarnya dengan volume maksimal.

Jenis/warna suara akan membedakan satu penyanyi dengan penyanyi lain. Sementara tingkat penguasaan teknik olah vokal  menunjukkan kelas si penyanyi apakah ia seorang diva atau penyanyi kamar mandi.

..more..

10 Cara Mengatasi Writer's Block

10 Cara Mengatasi Writer's Block

Sun, 24 Sep 2017 - 03:56

Kenapa ya cuma profesi penulis yang dapat serangan “block”? Kenapa nggak ada “doctor’s block?” Kebayang nggak, kalau dokter sedang mengoperasi trus terserang block? Atau guru sedang mengajar. Atau penjual gorengan sedang menggoreng mendoan? Atau supir bus? Waaah….

..more..

Pembaca bagi Penulis

Pembaca bagi Penulis

Sat, 23 Sep 2017 - 12:40

Banyak di antara kita “beruntung”, menjadi penulis yang membaca, pembaca yang menulis, dan sudah merasakan keajaiban di kedua sisi. Namun demikian, itu tidak memudahkan penulis menerima dan memahami reaksi negatif pembaca terhadap bukunya. Penulis cenderung defensif dan lupa bahwa sebagai pembaca, kita juga bersikap kurang lebih sama.

..more..

Belajar dari Tulisan Lama

Belajar dari Tulisan Lama

Sat, 23 Sep 2017 - 03:30

Jangan pernah membuang tulisan lama kita. Tulisan-tulisan itu bisa memberikan gambaran tentang perkembangan keterampilan kita dalam menulis. Baca lagi tulisan setahun lalu, sebulan lalu, atau bahkan seminggu lalu. Biasanya kita jadi tertawa sendiri atau malah berkerut kening. “Kok bisa ya, aku menulis begini?”

..more..

Charachters -- Building a World

Charachters -- Building a World

Sat, 23 Sep 2017 - 02:52

Dalam menulis naskah picture book, tantangan terbesar adalah dengan sedikit kata kamu harus bisa menciptakan karakter dan karakterisasinya yang unik dalam plot yang utuh. Visualisasi pun berperan dominan baik kamu mengilustrasi sendiri atau dibantu ilustrator. Kerja sama yang bagus menciptakan harmoni dalam karya.

..more..

Dear Readers

Dear Readers

Fri, 22 Sep 2017 - 12:43

Dear pembaca (yang tidak merangkap sebagai penulis),

Fiksi yang Anda baca dalam 1-2 jam, anyaman rapi berbagai elemen cerita, datang dari proses kreatif yang tidak sebentar dan tidak mudah. Berikanlah respons positif yang akan membantu penulis kesayanganmu untuk terus berkarya. Respons positif bukan hanya pujian. Kritik membangun pun menjadi dukungan berharga untuknya. Luangkan sedikit waktu untuk memberikan responsmu.

..more..

Logika Cerita, Plot dan Jebakannya

Logika Cerita, Plot dan Jebakannya

Sat, 26 Dec 2015 - 17:53

Sering pembaca merasa tidak puas dengan fiksi yang dibacanya. Kok begitu sih? Masa begini? Dari mana tokoh ini tahu? Nggak masuk akal deh ada ini di situ. Kenapa tiba-tiba begini? Dst.

..more..

Memberdayakan Buku Anak

Memberdayakan Buku Anak

Sat, 26 Dec 2015 - 17:33

Menurut KBBI, melejitkan berarti menaikkan ke tempat yang lebih tinggi (seperti nama, kedudukan, dsb). Buku anak, saya batasi, mengacu pada buku komersial karya asli kreator dalam negeri yang ditujukan untuk anak, dan mencakup semua jenisnya: fiksi, nonfiksi, dan faksi; dari boardbook sampai novel. Melejitkan buku anak dalam tajuk lokakarya ini, berarti menaikkan buku anak lokal ke posisi lebih tinggi, lebih berderajat, ketimbang titik awalnya.

..more..

Asyik dan Puas dengan Hanya 100 Kata

Asyik dan Puas dengan Hanya 100 Kata

Wed, 15 Jul 2009 - 05:51

Menulis cerpen sangat pendek terbukti mengasyikkan, bukan? 
Aku menyebutnya Cerpen 100 Kata, karena lebih definitif. Nama lainnya: flash fiction, mencakup sudden fictionmicrofictionmicro-storypostcard fiction, dan short short story. Jumlah katalah yang membedakan istilah-istilah itu.

..more..

[Translation 101] Aku atau Saya?

[Translation 101] Aku atau Saya?

Tue, 30 Jun 2009 - 09:31

Menerjemahkan buku ibarat memasak mengikuti resep asing. Aku dihadapkan pada tantangan untuk menyajikan makanan sedekat mungkin dengan cita rasa aslinya, tapi sekaligus juga harus bisa diterima lidah Indonesia. Masalahnya, belum tentu bahan dan bumbu asing itu tersedia di sini. Aku harus menggantinya dengan bahan dan bumbu lokal. (Kalau benar-benar tak tergantikan, terpaksa deh menggunakan barang impor dengan catatan kaki... hahaha). 

..more..

NEGERI BAWAH AIR

NEGERI BAWAH AIR

Mon, 20 Apr 2009 - 11:18

Pandanglah menembus kedalaman danau dan bayangkan makhluk-makhluk luar biasa di dasarnya. Permukaan air adalah langit-langit mereka. Ada jalan-jalan bersih di antara rumah-rumah indah bercerobong asap. Mereka berjalan tegak seperti kamu berjalan di darat. Bukan berenang seperti ikan. Kalau kamu bernapas menghirup udara, mereka bernapas menghirup air.

..more..

[Write4Kids] Menulis Fiksi untuk Anak

[Write4Kids] Menulis Fiksi untuk Anak

Thu, 23 Oct 2008 - 02:45

Sebetulnya untuk anak, jenis tulisan apa pun bisa diberikan. Mereka menerima dan menyerap apa pun, belum pilih-pilih. Bahkan semakin bervariasi bacaan mereka semakin baik. Namun bagi penulis, kecenderungan menulis fiksi relatif muncul lebih alamiah ketimbang jenis tulisan lain, karena sudah menjadi bawaan banyak orang untuk senang bercerita.

..more..

WRITE4KIDS: Mitos Seputar Penulisan Buku Anak

WRITE4KIDS: Mitos Seputar Penulisan Buku Anak

Thu, 31 Jul 2008 - 11:03

Kukumpulkan dari yang terserak ditinggalkan pengalaman. Pengalaman teman-teman mungkin membuktikan sebaliknya, tak apa. Ini cuma soal apa yang kita percayai masing-masing. Aku hanya ingin membebaskan diri dari premis yang membatasi ruang gerak dalam menulis.
 

..more..

WRITE4KIDS: Buku Anak, Dulu dan Sekarang

WRITE4KIDS: Buku Anak, Dulu dan Sekarang

Thu, 31 Jul 2008 - 04:40

Jika kita ingin menulis buku untuk anak-anak, kita perlu membaca buku anak-anak, terutama buku-buku klasik. Mengapa? Ingat buku-buku kesukaan di masa kecil, yang mungkin masih Anda bacakan kepada anak-anak sendiri? Selama beberapa generasi, buku-buku klasik itu bertahan. Sering kita menganggap plot-nya lah yang tak lekang oleh waktu, alih-alih tema atau karakternya. Padahal, unsur-unsur itulah yang memulai perubahan dalam literatur anak-anak yang kita lihat sekarang.

..more..

17 Mei, Hari Buku Nasional

17 Mei, Hari Buku Nasional

Fri, 16 May 2008 - 13:03

Yah, satu hal kecil yang bisa kulakukan sekarang juga adalah mempersembahkan cerita ini untuk teman-teman, para bapak, ibu, eyang, tante dan om. Tapi karena ini cerita anak-anak, paling pas ya kalau dibacakan kepada anak-anak terkasih. Untuk memperkenalkan mereka dengan Hari Buku Nasional dan mengajak mereka mencintai buku. Semoga bermanfaat.

..more..

365 dalam Review Sinarbulan

365 dalam Review Sinarbulan

Sun, 23 Mar 2008 - 08:24

Buku karya Ary Nilandari ini mengemas 365 tulisan berdasarkan urutan hari dan dikelompokkan menurut tema. Misalnya dalam bulan Februari terdapat topik Menghargai Pembantu, Sahabat, Guru dan Sekolah, dan Keberanian. Isinya beragam sehingga dapat menepis kejemuan pembaca.

..more..

Inside 365: Excerpt #2

Inside 365: Excerpt #2

Mon, 17 Mar 2008 - 16:55

Mana yang terpenting: penglihatan, pendengaran, atau penciuman?

Pertanyaan itu mengganggu pikiran Raja Kalinggara. Dia memang tertarik hal-hal seperti itu. Kenapa benda-benda yang dilemparnya ke atas, selalu jatuh ke bawah? Kenapa orang yang sudah tua rambutnya putih? Kenapa perut berkeruyukan kalau lapar? Kenapa hidung beringus?

..more..

Inside 365: Excerpt #1

Inside 365: Excerpt #1

Mon, 17 Mar 2008 - 16:38

“Perhatikan peta. Ikuti jalur aman. Teruslah berkomunikasi.”

Ah, selalu begitu pesan Ibu. Aku juga tidak diizinkannya pergi jauh. Padahal sudah kumiliki pesawat khusus pelindung dan pengasuh anak. Dia cerdas dan setia. Halilintar namanya. 

..more..

Inside 365: Excerpt #3

Inside 365: Excerpt #3

Mon, 17 Mar 2008 - 10:47

Aku dan Ayah menemukan sebuah dompet cantik di trotoar.

“Mari kita cari pemiliknya,” kata Ayah. Sayangnya, di dalam dompet tak ada kartu identitas apa-apa. Hanya uang dan secarik kertas berisi coretan,...

..more..

Behind 365: The Ups and Downs

Behind 365: The Ups and Downs

Mon, 17 Mar 2008 - 08:43

Ada masa ketika anak-anakku menyukai buku yang itu-itu saja. Minta dibacakan tak berhingga kali sampai aku dan dia hapal kata per kata, sampai buku bertelinga doggy terlipat kucel, sampai sering aku berpikir untuk menyembunyikan saja buku itu kalau tak ingat si kecil bakal sangat kehilangan.

..more..

Perjodohan Penulis dan Ilustrator

Perjodohan Penulis dan Ilustrator

Tue, 04 Mar 2008 - 04:09

Khusus untuk buku anak-anak yang didominasi ilustrasi, aku selalu berpesan kepada penerbit untuk dijodohkan dengan ilustrator yang bisa bercerita melalui gambarnya. Alhamdulillah selama ini, aku telah bertemu dengan para ilustrator yang dengan indah memperkaya bukuku. Artinya, mereka tidak sekadar membeo kata-kataku dengan gambar, tapi ikut bercerita melalui gambar.

..more..

Segera Terbit: 365 Cerita Mencerdaskan untuk Ananda

Segera Terbit: 365 Cerita Mencerdaskan untuk Ananda

Fri, 11 Jan 2008 - 03:25

Alhamdulillah, setelah melalui proses penulisan selama dua bulan, dan proses penerbitan yang tengah berlangsung, akhirnya aku "dibolehkan" mempromosikan buku baruku. Dibolehkan dalam artian, gimana mau promosi kalau aku sendiri nggak yakin bisa selesai menulisnya tepat waktu? Paling sedikit 7-10 judul perhari soalnya.

..more..


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Interviews

Short Stories

Spin-Off

Writing Craft



Making Space for the Marginalized.

Making Space for the Marginalized.

..more..

Show and Tell : Culture and Tradition in Children's Books

Show and Tell : Culture and Tradition in Children's Books

..more..

FBF2016/Session 01/Special Event: Darkness in Children's Stories

FBF2016/Session 01/Special Event: Darkness in Children's Stories

..more..