If Not About Books

Teori dan Kiat-Kiat Parenting Itu...

Teori dan Kiat-Kiat Parenting Itu...

Mon, 25 Apr 2016 - 02:12

Sejak 1998, selama satu dekade menjadi penerjemah/editor, aku menghasilkan 120 buku yang didominasi tema parenting dari A sampai Z. Mulai dari kiat-kiat mendidik anak sejak dalam kandungan (yang bikin aku menyesal baru baca ini setelah anak-anak lahir...hehe); bagaimana menghadapi tantrum batita dan balita (sebagian kiat memang ampuh benar); bagaimana berpisah dengan anak seusai cuti melahirkan; bagaimana melatih anak-anak tidur terpisah, potty training, dst; sampai hal-hal yang bikin menyesal jilid dua, seperti paparan tentang 7 kesalahan orangtua; menyesal jilid 3 seperti daftar anugerah terindah yang seharusnya diberikan kepada ananda; sampai yang sering bikin frustrasi karena ternyata ada banyak jurus untuk bikin anak begini begitu; sampai yang bikin deg-degan seperti urusan remaja. Tidak berhenti sampai situ, gelombang teori parenting berikutnya datang mengandung IQ, EQ, SQ, dan kecerdasan majemuk di judulnya. Lalu ya ada lagi tentang mode-mode belajar anak.

..more..

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

Sat, 26 Dec 2015 - 18:02

Dalam acara-acara Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi yang diadakan KPK, selalu muncul pertanyaan yang menjadi judul di atas dari kaum ibu. Pertanyaan itu selalu dijawab tegas oleh Dikyanmas KPK maupun pakar hukum yang menjadi narasumber acara: “Tidak boleh, karena hadiah tersebut termasuk gratifikasi dan berpotensi suap, yang berarti tindakan korupsi.”

..more..

Not Disability, It's Difability

Not Disability, It's Difability

Thu, 11 Jun 2009 - 15:40

Kata baru untukku. Difability, pertama kali kubaca di majalah Kang Guru Indonesia, edisi Juni 2009. Sebuah istilah untuk mereka yang memiliki kemampuan berbeda dari orang lain, dan berkonotasi positif ketimbang kata disability yang coba digantikannya. 

..more..

Selamat Jalan Ibu

Selamat Jalan Ibu

Thu, 16 Apr 2009 - 02:48

Melepaskan kepergianmu
Tak banyak kata
Tak deras air mata
Tak sesal di dada

Ibu, selamat jalan
Sempurna tugasmu 

..more..

In Memoriam Michael Crichton 1942-2008

In Memoriam Michael Crichton 1942-2008

Thu, 13 Nov 2008 - 05:53

6 November lalu, aku ditelepon seorang sahabat, penerbit, editor, adik kelasku. Dia orang sibuk. Tumben bener menelepon. After a couple of casual exchange, he said, "Sudah dengar Michael Crichton meninggal?"
Ya. Paginya aku sempat browsing internet dan membaca kabar itu. Meninggal karena kanker pada usia 66 tahun tanggal 4 November. 
"What Next?" tanyaku. Ini ironi. Novel terakhir Crichton berjudul Next, dan ternyata... kami tak akan membaca lagi yang berikutnya dari penulis hebat ini. Ya, kami sama-sama penggemar berat Crichton. Justru karena itu kupikir sobatku ini bela-belain menelepon. Ini berita penting melebihi urusan marketing buku atau editing naskah.

..more..

Pengumuman LMCR 2008 Lips Ice-Selsun Golden Award

Pengumuman LMCR 2008 Lips Ice-Selsun Golden Award

Fri, 07 Nov 2008 - 10:24

Whuaaa...iseng-iseng klik ke situs Rayakultura rupanya sudah ada pengumumannya.

Alhamdulillah, karyaku dan Nunik Utami masuk kategori cerpen favorit kategori C.
Di bawah ini aku copas kategori C-nya saja. Siapa tahu ada teman yang dikenal.

..more..

Renungan 19 September

Renungan 19 September

Fri, 19 Sep 2008 - 15:28

Terima kasih untuk sahabat-sahabat yang telah dan selalu mendoakanku.
Untuk setiap doamu, ada malaikat-malaikat yang mengamini dan mendoakan hal yang sama untukmu. 
Hari ini, doaku doamu berkelindan rapi sebelum naik ke atas sana.

Semoga Allah SWT. berkenan mengabulkan kita. Amiin.

..more..

I Am Sorry, I Will Be Off Awhile

I Am Sorry, I Will Be Off Awhile

Tue, 01 Jul 2008 - 16:25

Dear friends,

Not that I can forget you. O you bet, I can't
Being off long enough, surely I will not stand
without sneaking and peeking
until I find my hours fleeting

..more..

Gratifying Acknowledgment

Gratifying Acknowledgment

Mon, 02 Jun 2008 - 16:05

Someday, the lady or the gentleman behind the Indonesian version of a book, the translator, may earn a better place for her/his name, like this :

..more..

Will You Believe in an Automated Translator?

Will You Believe in an Automated Translator?

Sun, 01 Jun 2008 - 19:35

Terinspirasi oleh John Lejderman yang mengumpulkan lelucon tentang penerjemahan dan bahasa, aku iseng mencoba Yahoo!Babel Fish untuk menerjemahkan satu judul lagu. Kupilih Do Not (Don't) Let The Sun Go Down On Me, lagu yang aku suka banget dari Elton John, dan belakangan dinyanyikan Clay Aiken.

..more..

Xenoglossophilia: Makhluk Apa Tuh?

Xenoglossophilia: Makhluk Apa Tuh?

Thu, 22 May 2008 - 00:40

Aku tersandung artikel ini dan terdiam beberapa jenak.
Mempertanyakan diri. Mempertanyakan gaya tulisanku di sini.
Apakah bahasa campur aduk yang kugunakan merupakan tanda-tanda bahwa aku sudah terkena virus itu.

Kecintaan terhadap bahasa asing yang tidak wajar; penggunaan bahasa asing dalam konteks komunikasi berbahasa Indonesia; penggunaan istilah asing yang sebetulnya sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia; padahal istilah tersebut tidak memperjelas atau memperlancar komunikasi.

..more..

A Decade as a Freelance Translator and Editor

A Decade as a Freelance Translator and Editor

Wed, 21 May 2008 - 07:56

1998 -2008


Ten years
So young and green, say the seniors
Oh that long, say the newcomers
More than a quarter of my life, I'll say
26 books, English - Indonesia
30 picture books, Indonesia - English and vv.
18 books, editing

..more..

Untukmu

Untukmu

Thu, 08 May 2008 - 15:05

Beberapa hari sebelum harimu
Kutanya, mau hadiah apa, Sayang?
Kau cuma tertawa
Aku masuk keluar toko
Menyisir setiap rak
Di manakah kerlip ide kalau dibutuhkan?

..more..

Halaman Persembahan Sedekah Cinta

Halaman Persembahan Sedekah Cinta

Sat, 29 Mar 2008 - 22:37

untukmu, para ibu
yang tengah menunggui si kecil di rumah sakit
yang bertahan tak tidur barang sepicing
yang tak merasakan lembapnya ubin

..more..

Selusin Justifikasi Terampuh untuk Menghindari Kerja

Selusin Justifikasi Terampuh untuk Menghindari Kerja

Wed, 09 Jan 2008 - 12:23

  1. Stress, macet, dan suntuk, perlu hiburan. Nonton atau jalan-jalan kayaknya boleh juga. Refreshing kan perlu untuk meningkatkan produktivitas.
  2. Cek pesan yang masuk dulu, siapa tahu ada yang penting. Cek inbox FB, email... eh sekalian deh pasang status dikit. Jawab-jawab komen. Nengok wall teman-teman....

..more..

Oct-Nov: Roller Coaster Moments of My Life

Oct-Nov: Roller Coaster Moments of My Life

Fri, 30 Nov 2007 - 07:57

Bertapa khusus untuk menerjemahkan dan menulis. Jam kerja perhari bisa mencapai 19 jam. he he he (without sneaking out into MP. Itu sebabnya aku menghilang...). Rasanya seperti melaju dengan jet coaster tercepat, tapi rel masih cukup rata.

..more..

Apakah Kita Terlahir untuk Menulis?

Apakah Kita Terlahir untuk Menulis?

Tue, 21 Aug 2007 - 23:17

Sebuah karya tulis, apa pun bentuknya, adalah jembatan penghubung benak penulis dengan benak pembacanya yang terbuat dari rangkaian kata-kata pilihan. Penulis menggunakan bahasa seperti pelukis menggunakan kuas dan cat untuk menghasilkan karya yang dapat menarik dan memengaruhi pembaca. Sebuah karya tulis dikatakan berhasil jika ia dapat membuat pembaca tersentuh, terbawa arus, tergerak, berpikir, merenung, terdiam, terpana, atau setidaknya terhibur.

..more..


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Interviews

Short Stories

Spin-Off

Writing Craft



Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

Situasi Bagaimana yang Melancarkanmu Menulis?

..more..

Proses Kreatif

Proses Kreatif "Write Me His Story"

..more..

Outline, Perlukah?

Outline, Perlukah?

..more..