Asian Festival of Children's Content 2016 (1)

25 Mei 2016

Catatan 1

 
Reaching Out Karierku sebagai penulis selama lebih dari 12 tahun merupakan perjalanan multi-arah. Dilakukan bersamaan atau bertahap.
  1. Ke dalam: membangun dan mengembangkan diri. Walau ini masih berjalan sampai sekarang, harus disebutkan bahwa aku juga mulai dari bawah. Menulis, merasakan penolakan, mencicipi kegagalan, menulis lebih banyak lagi. Klise, but true. Walau dari awal idealisme sudah terbentuk tentang literatur anak yang baik, aku sering berhadapan untuk adu tanduk dengan industri perbukuan. Pilihanku kadang hanya dua: ikut arus atau terpental. Belajar lebih bijak bersikap dan mencari jalan tengah.
  2. Ke kanan/kiri: menemukan dan membangun tempatku. Forum Penulis Bacaan Anak, komunitas profesional yang menjadi titik mula aku melakukan reaching out. Tidak bisa sendirian dalam mewujudkan mimpi untuk memajukan literasi anak dan memperkaya literatur anak. Di sini aku berbagi dan berdiskusi, membina komunitas bersama teman-teman seide bahkan belajar dari yang tidak sejalan. Reaching out ke sesama kreator.
  3. Ke balik layar: berikutnya, reaching out ke penerbit-penerbit dan stakeholders berpengaruh lainnya. You have to be someone to do that. Untuk diakui dan didengar. Untuk diundang berbicara dan berdiskusi. Periode ini efektif setelah aku membuktikan diri dengan karya sekaligus belajar dari event-event perbukuan anak internasional.
  4. Ke depan: reaching out to the readers. Anak-anak itu sendiri, beserta orangtua dan guru. Kunci peradaban ada di tangan mereka. Idealisme sebagai penulis yang ingin memajukan literasi dan memperkaya literatur anak tidak akan sepenuhnya tersampaikan kalau hanya duduk di depan laptop. Menemui pembacaku, berbicara langsung dengan mereka, mendengar masukan dan melihat reaksi mereka. Prinsipku dalam berinteraksi dengan anak selalu: masuki dulu dunia mereka sebelum kita mengajak mereka ke dunia kita. Pahami dulu mereka, jalin hubungan baik, lalu share ide-idemu.

Catatan 2

The Editors are Your Best Friend

"Sebagai literary agent, editor, dan publisher, saya mencari unique voice. Kalau sudah pernah ada di pasaran saya tak akan menerbitkannya. Penulis yang saya suka adalah yang sadar karyanya perlu perbaikan dan menerima masukan editor. True writing is rewriting." -- Andrea Pasion-Flores, literary agent.

 

"Karya yang masuk ke penerbit sering not fully formed. Penulis dan editor harus punya hubungan baik untuk menyajikannya sebaik mungkin bagi pembaca." -- Sarah Odedina, Harry Potter editor/publisher.

 

"Sayang sekali kalau Asian writers tidak mau menulis tentang Asia." -- Daphne Lee, Scholastic Asia

 

 

Catatan 3:

What Make a Book Award-Worthy

Panelis: Leonard Marcus (juri Samsung, Scholastic, Caldecott, Newbery Awards), Murti Bunanta, dan Deborah Ahenkorah.

Mengapa harus ada award/penghargaan untuk buku anak:

  1.  Pengakuan, apresiasi, dan dorongan untuk kreator agar berkarya lebih baik.
  2.  Sebagai panduan bagi orangtua dan orang dewasa tentang buku anak berkualitas.
  3.  Menjadi standar penilaian kualitas.

Anggapan keliru tentang kriteria award:

  1.  Picture book yang detail, elaborated, lebih berpeluang menang daripada yang simple. Simplicity is the hardest thing to do.
  2.  Photography tidak dianggap art work untuk picture book.
  3.  Cerpen lebih mudah dibuat sehingga kalah pamor ketimbang novel.

Kriteria umum award mencakup (tidak terbatas dengan):

  1.  Kecocokan untuk target pembaca
  2.  Unik, membawa sesuatu yang baru.
  3.  Memberi pengalaman baru dalam membaca.
  4.  Well-made story/art
  5.  Orisinalitas (Leonard dalam pengalamannya sbg dewan juri dapat melihat gaung dan jejak pengaruh style orang lain dalam sebua karya yang disubmit)

Interesting thoughts:

  1.  Kebanyakan award tertutup untuk self-published books, seharusnya terbuka untuk semua.
  2.  Juri biasanya orang dewasa, di Philippine ada awarding dengan juri anak-anak. Dan pemenang pilihan anak-anak biasanya berbeda dengan juri dewasa.

Awarding Night


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Interviews

Short Stories

Spin-Off

Writing Craft



Making Space for the Marginalized.

Making Space for the Marginalized.

..more..

Show and Tell : Culture and Tradition in Children's Books

Show and Tell : Culture and Tradition in Children's Books

..more..

FBF2016/Session 01/Special Event: Darkness in Children's Stories

FBF2016/Session 01/Special Event: Darkness in Children's Stories

..more..