1001 Books You Must Read Before You Die

Pertama kulihat 1001 Books You Must Read Before You Die di Border, masih fresh from the oven, terbitan 2006. Hardcover-nya seharga 40 SGD. Mikir panjang karena jatah beli buku sudah menipis, dan khawatir keberatan bagasi. Akhirnya nggak jadi beli. Mendingan nambah buku buat anak-anak.

Di luar dugaan, pada kesempatan yang sama, suami beli 1001 Natural Wonder You Must See Before You Die. Sama 40 SGD. Seneng lihat dia seneng dengan bukunya. Semakin pasti aku tak ada jatah lagi buat buku itu. Tapi suami memang penuh pengertian. He he he. Tahu aku mengidamkannya, dia cari dan belikan juga buku ini di Kinokuniya Jakarta. Tinggal satu, katanya. Softcover. Kulihat harganya, lho kok mahal ya? (hi hi, mungkin karena rupiah mode on).

Anyway, aku semakin tertarik pada buku ini setelah lihat listnya di Internet. Terdiri dari 70 judul novel terbitan tahun 2000-an, 700 lebih tahun 1900-an, dan selebihnya 1800-an, oh ya ada sedikit 1700-an. Dari 1001 itu, dihitung-hitung cuma 25 yang sudah kubaca. Dan ada sekitar 25 lagi yang sudah kumiliki tapi belum sempat dibaca. 
Pathetic. Yes, you can say that.


Tapi yakin deh, nggak bakalan aku maksain diri baca semua buku dalam daftar. Bisa-bisa kayak orang pada gambar dari halaman dalamnya ini, bacaaaa terus sampe tinggal tulang tok (kayak apa dia dulu waktu baru mulai membaca buku pertama dari 1001?) 

Jadi, kupikir at least, I read 1001 Books You Must Read Before You Die before I die.

Resensi tiap buku paling 300-an kata saja. Tapi dengan sedikit kata itu, mereka bisa menonjolkan aspek-aspek kuat sebuah buku, sekaligus menjadi alasan kenapa dipilih. Bagus, setidaknya untuk mengenal karya-karya kaliber dunia dan menjadi bahan pertimbangan untuk bela-belain baca apa nggak.


 


Fun Stuff

If Not About Books

Inspiration

Short Stories

Spin-Off

Writing for Kids



Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

Kreativitas Ada dalam Diri Kita: Bangunkan!

..more..

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

Memberi Hadiah kepada Guru Anak-Anak Kita, Bolehkah?

..more..

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

Pelajaran Unik dan Indah di Angkot

..more..